Jawaban kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud nri tahun 1945

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud nri tahun 1945, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud nri tahun 1945

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud nri tahun 1945

Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya..

Hak dan Kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, akan tetapi terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang. Bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak, tetapi pada kenyataannya banyak warga negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya. Semua itu terjadi karena pemerintah dan para pejabat tinggi lebih banyak mendahulukan hak daripada kewajiban. Padahal menjadi seorang pejabat itu tidak cukup hanya memiliki pangkat akan tetapi mereka berkewajiban untuk memikirkan diri sendiri. Jika keadaannya seperti ini, maka tidak ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Jika keseimbangan itu tidak ada akan terjadi kesenjangan sosial yang berkepanjangan.

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud nri tahun 1945

Hak:
Mengemukakan pendapat
Memeluk agama
Mendapatkan penghidupan yg layak
Mendapatkan pendidikan

Kewajiban :
Setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara
Setiap warga negara wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
Wajib mengikuti pendidikan dasar

Sekian tanya-jawab mengenai kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud nri tahun 1945, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Tinggalkan komentar