Jawaban Tuliskan 10 jenis hak dan kewajiban menurut uud nri tahun 1945

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Tuliskan 10 jenis hak dan kewajiban menurut uud nri tahun 1945, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Tuliskan 10 jenis hak dan kewajiban menurut uud nri tahun 1945

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Tuliskan 10 jenis hak dan kewajiban menurut uud nri tahun 1945

Jawaban:

Kewajiban:

1. Berdasarkan pasal 27 ayat (1) setiap warga negara berkewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan yang berlaku di Indonesia. Contohnya seperti membayar pajak, taat aturan lalu lintas, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan pasal 27 ayat (3) setiap warga negara berkewajiban untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Bukan berarti harus dibatalkan dan anarkis, melainkan pembelaan negara dalam bentuk lain.

3. Berdasarkan pasal 28J ayat (1) setiap warga negara berkewajiban menghormati Hak Asasi Manusia orang lain dalam kehidupan tersier, berbangsa, dan bernegara.

4. Berdasarkan pasal 28J ayat (2) setiap warga negara berkewajiban tunduk pada ketentuan yang ditetapkan oleh undang-undang. Yaitu sesuai dengan aturan moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum masyarakat demokratis.

5. Berdasarkan pasal 30 ayat (1) setiap warga negara berkewajiban untuk ikut serta dalam usaha pertahanan serta keamanan negara.

Hak :

1. Berdasarkan pasal 27 ayat (2) setiap warga negara berhak atas PEKERJAAN dan PENGHIDUPAN yang layak. Pasal tersebut berbunyi, “ Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.” Artinya, penghidupan warga negara dijamin oleh negara dan pemerintahan.

2. Berdasarkan pasal 28A, “ Setiap orang berhak untuk hidup dan berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”

3. Berdasarkan pasal 28B ayat (1) dan (2) setiap warga negara berhak untuk menikah dan berbiak diri. Kita bisa mengambil hak ini, artinya boleh menikah dengan pernikahan yang sah dan aturan yang berlaku. Namun kalau memilih jomlo hidup juga bukan sesuatu yang melanggar undang-undang.

4. Berdasarkan pasal 28C ayat (1) setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Ini sudah jelas bahwa pendidikan merupakan hak kita sebagai warga negara.

5. Berdasarkan pasal 28C ayat (2) setiap warga negara berhak memajukan dirinya dalam memperjuangkan hak.

6. Berdasarkan pasal 28D ayat (1), (2), (3), dan (4) setiap warga negara berhak memperoleh perlakuan yang sama di depan hukum yang adil, mendapat ketidakseimbangan yang layak dalam kerja, kesempatan yang sama dalam pemerintahan, dan berhak atas status kewarganegaraannya.

7. Berdasarkan pasal 28E (1), (2), dan (3) setiap warga negara berhak menentukan agama dan ayat sesuai agamanya, kebebasan atas kepercayaan dan mengungkapkan pikiran, serta berkumpul dan mengungkapkan pendapat.

8. Berdasarkan pasal 28F setiap warga negara berhak berkomunikasi serta memperoleh informasi; baik mencari, memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyampaikan informasi tersebut.

Penjelasan:

Hanya tau segitu saja, semoga membantu

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Tuliskan 10 jenis hak dan kewajiban menurut uud nri tahun 1945

Jawaban:

– hak warga negara

– kesamaan kedudukan

– hak atas pekerjaan

– hak dan kewajiban bela negara

Penjelasan:

maaf salah dan juga sedikit

Sekian tanya-jawab mengenai Tuliskan 10 jenis hak dan kewajiban menurut uud nri tahun 1945, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Tinggalkan komentar